Selasa, 05 Februari 2013

Publik Relations dan Public Opinion (Pendapat Umum)



Seperti kita ketahui salah satu tujuan PR adalah merebut public opinion. Pada hakekatnya semua kegiatan PR bertujuan merebut opini masyarakat (public opinion). Semua kegiatan tersebut dapat juga dikatakan komunikasi verbal dan non verbal yang bersifat persuasif.
Pengertian: public opinion adalah hasil interaksi antar individu dalam masyarakat.


Macam Publik Opinion:
1.      Lingkup:
a.       Seluruhnya
b.      Sebagian.
2.      Mutu:
a.       Bermutu.
b.      Tidak bermutu.
3.      Kadar:
a.       Dalam.
b.      Dangkal.
4.      Kompeten:
a.       Kompeten.
b.      Tak kompeten.
5.      Permunculan:
a.       Laten.
b.      Aktual.

Karakter Publik Opinion
1.      Memperkuat UU.
2.      Pendukung moral masyarakat.
3.      Mudah berubah..
4.      Ditentukan oleh kepentingan pribadi.
5.      Dalam keadaan krisis.
a.       Orang akan toleran asal dilibatkan.
b.      Orang akan memberikan kepercayaan lebih dari biasa.
6.      Dalam kelompok orang pandai, informasi yang banyak dan suasana demokratis akan timbul pendapat yang tahan uji.
7.      Sangat terpengaruh pada tujuan dari pada cara.
8.      Opini yang sengaja diciptakan tanpa disokong fakta akan berbalik pencipta opini.
9.      Sensitif terhadap peristiwa penting.
10.  Pernyataan awal dari suatu kejadian akan menentukan bentuk opini yang berkembang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar