Selasa, 05 Februari 2013

Teknik Komunikasi dalam PR



Dalam mempengaruhi masyarakat, komunikasi yang digunakan bersifat persuasif, dengan cara memperhatikan faktor psikologis dan sosiologis. Dalam komunikasi; faktor-faktor tersebut adalah:
1.      Faktor komunikator
Agar komunikasi dapat berjalan dengan baik, maka komunikator perlu memperhatikan beberapa faktor-faktor sebagai berikut:
a.       Kemampuan mengadakan interaksi dengan pihak lain yang saling memuaskan.
b.      Kemampuan menggunakan media komunikasi yang tersedia, antara lain media pers dalam bentuk kemampuan menulis.
c.       Kemampuan retorika/seni menggunakan kalimat dalam bentuk pidato.
d.      Kemampuan berfikir komprehensif (menyeluruh).
e.       Komunikator harus punya “Etos”
2.      Faktor pesan
a.       Pesan merupakan konsep yang benar dan objektif.
b.      Pesan harus menumbuhkan perhatian.
c.       Menggunakan lambang-lambang yang sesuai dengan luas pengalaman komunikan.
d.      Tidak bertentangan dengan norma yang berlaku dalam masyarakat.
3.      Faktor manusia sebagai komunikan
a.       Ada manusia yang mudah dipengaruhi.
b.      Ada manusia yang sukar dipengaruhi.
c.       Manusia untuk memutuskan sesuatu dipengaruhi oleh latar belakangnya, antara lain: agama, pendidikan, kebudayaan, keluarga.
4.      Faktor hambatan komunikasi, misal: prasangka, motivasi, komunikator tak menguasai masalah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar